Abstak
ABSTRACT
Human Resource Management Strategies in an Effort to Increase Consumers
in Atta’awun Jasinga Sharia Savings and Loan Cooperatives (KSPPS).
Zaeni Surya Mubarok
151104080073
This study aims to determine the role of Atta'awun KSPPS in community
economic empowerment and human resource management strategies in the
Atta'awun Jasinga Sharia Savings and Credit Cooperative in efforts to increase
consumers and whatever factors that encourage and hinder human resource
management (HRM) in an effort to increase consumers in the Sharia Credit
Financing Cooperative (KSPPS) Atta'awun Jasinga.
The method used in this study is a research with qualitative approach that
is descriptive analysis of this type of research is a case study. The data used are
primary data and secondary data. Data collection techniques used by researchers
are observation, interviews and documentation.
The results of the research carried out then the role of KSPPS Atta'awun
Jasinga Regency. Bogor namely promoting the economy of MSMEs,
microeconomics, small economies equally, equitably, sustainably and beneficial
to many people and members especially KSPPS Atta'awun Jasinga Kab. Bogor.
How to increase members of Atta'awun KSPPS like MLM (Multi Level
Marketing). MLM is a tiered or chained strategy where members look for
members or attract more members to at least one member and will be much better
at recruiting many members. And for the marketing team, usually by distributing
brochures, pamphlets and picking up the ball to the nearest areas that can be
accessed and reached. The driving factors of human resource management
(HRM) in increasing members: knowledgeable and insightful, adequate facilities
and infrastructure, 3S system (smile, greetings, greetings). And inhibiting factors
of human resource management (HRM) in increasing members namely: the still
limited sdi (human resources) KSPPS Atta'awun employees in marketing their
products, there is still a lack of socialization about Atta'awun KSPPS, rampant
cooperatives, always comparing between cooperatives, lack of understanding of
members, especially in basic savings and mandatory savings.
Keywords: Human Resource Management, Consumers and KSPPS
ABSTRAK
Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya
Meningkatkan Konsumen Pada Koperasi Simpan Pinjam Dan
Pembiayaan Syariah (KSPPS) Atta’awun Jasinga.
Zaeni Surya Mubarok
151104080073
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KSPPS Atta’awun dalam
pemberdayaan ekonomi masyarakat dan strategi manajemen sumber daya manusia
(SDM) pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Atta’awun
Jasinga dalam upaya peningkatan konsumen dan faktor apasaja yang mendorong
dan menghambat manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam upaya
peningkatan konsumen pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah
(KSPPS) Atta’awun Jasinga.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan
pendekata kualitatif yang bersifat analisis deskriptif jenis penelitian ini adalah
studi kasus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitin yang dilakukan maka peran KSPPS Atta’awun Jasinga
Kab. Bogor yaitu memajukan ekonomi UMKM, ekonomi mikro, ekonomi kecil
secara merata, adil, berkesinambungan dan bermanfaat bagi banyak orang dan
anggota khususnya KSPPS Atta’awun Jasinga Kab. Bogor. Cara meningkatkan
anggota KSPPS Atta’awun seperti MLM (Multi Level Marketing). MLM
merupakan strategi berjenjang atau berantai dimana anggota mencari anggota atau
menarik anggota lagi minimal satu orang anggota dan akan jauh lebih baik bisa
merekrut banyak anggota. Dan untuk dari team marketing biasanya dengan cara
penyebaran brosur, pamplet dan jemput bola untuk daerah-daerah terdekat yang
bisa diakses dan dijangkau. Adapun faktor pendorong Manajemen Sumber Daya
Manusia (MSDM) dalam meningkatkan anggota: berpengetahuan dan
berwawasan, sarana dan prasarana yang memadai, sistem 3S (senyum, salam,
sapa). Dan faktor penghambat manajemen sumber daya manusia (msdm) dalam
meningkatkan anggota yakni: masih terbatasnya sdi (sumber daya insani)
karyawan KSPPS Atta’awun dalam memasarkan produknya, masih kurangnya
sosialisasi tentang KSPPS Atta’awun, maraknya koperasi abal-abal, selalu
membandingkan antara koperasi, kurang pahamnya anggota terutama dalam
simpanan pokok dan simpanan wajib.
Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsumen dan KSPPS