Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
Program Studi MANAJEMEN
Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMEN INSTAN MORTAR UTAMA
Tahun 2023
Tanggal Input 30 Jun 2025, 11.31



Abstak

Zidan Ramadan
191104010688
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra merek
terhadap keputusan pembelian semen instan mortar utama (studi kasus PT
Anugerah Fortuna Semesta Bogor). Metode yang digunakan adalah riset
kepustakaan, dan penelitian lapangan dengan kuesioner. Penelitian dilakukan
dengan konsumen toko yaitu Populasi 500 toko, sampel 85 toko. Kualitas
pelayanan persamaan regresi Y = 10,950 + 0,436X1,. Uji Hipotesis diperoleh nilai
t hitung> t tabel atau (4,110 > 1,989). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha1 diterima,
hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian. Citra merek diperoleh nilai persamaan
regresi Y = 10,351 + 0,455X2,. Uji Hipotesis diperoleh nilai t hitung> t tabel atau
(4,464 > 1,989). Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha2 diterima, hal ini
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek
terhadap keputusan pembelian. Beirdasarkan hasil peineilitian, meinunjukkan bahwa
kualitas peilayanan (X1) dan Citra Meireik (X2) beirpeingaruh signifikan teirhadap
keiputusan peimbeilian deingan dipeiroleih peirsamaan reigreisi Y = 9,176 + 0,202 X1 +
0,310 X2 deingan dipeiroleih nilai koeifisiein deiteirminasi atau kontribusi peingaruh
seicara simultan seibeisar 21,0% seidangkan sisanya 79,0% dipeingaruhi variabeil lain
yang tidak dilakukan dalam peineilitian ini antara lain variabel harga, promosi, dan
kualitas produk. Koefisien korelasi sebesar R = 0,459 hal ini menunjukkan
memiliki hubungan positif. Uji hipoteisis dipeiroleih nilai F hitung >Ftabeil atau
(10,916 > 2,716). Deingan deimikian maka H0 ditolak dan Ha3 diteirima, hal ini
meinunjukkan bahwa teirdapat peingaruh yang signifikan seicara simultan antara
kualitas peilayanan dan citra meireik teirhadap keiputusan peimbeilian pada produk
seimein instan Mortar Utama (Studi kasus PT Anugeirah Fortuna Seimeista Bogor).
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Keptusan Pembelian