Abstak
ABSTRAK
Eka Nawan Juniar, NPM: 171104100226
Pengembangan Handout Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk
Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV MI Sirojul Falah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, maka perlu adanya pengembangan
bahan ajar yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis hasil pengembangan handout pada
pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dan
untuk mengetahui kelayakan handout pembelajaran yang digunakan oleh siswa kelas
IV MI Sirojul Falah. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and
Development) dan model pengembangan yang digunakan adalah ASSURE Analyze
learner, State Standards and Objective, Select strategies technology media and
materials, Evaluate and Revise yang meliputi 6 tahapan. Hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa handout layak digunakan dengan dibuktikan presentase aspek
kelayakan isi dan penyajian dari aspek materi sebesar 88,1%, aspek desain 72,2%,
dan aspek bahasa 89,5%. Handout ini juga dapat meningkatkan keterampilan berpikir
kritis siswa, karena adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dengan adanya perbedaan hasil
rata-rata nilai pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat
disimpulkan bahwa handout pembelajaran IPA berbasis STEM untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa layak dan efektif digunakan, karena adanya
perbedaan yang signifikan.
Kata Kunci: Pengembangan Handout. Berpikir Kritis. STEM