Abstak
Resti Anggraini
151104090179
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat kesadaran
membaca siswa kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bogor, (2) Untuk mengetahui
tingkat minat membaca siswa kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bogor. (3) Untuk
mengetahui prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 10 Kota Bogor, (4)
Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas
X di SMA Negeri 10 Kota Bogor. (5) Untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan yang signifikan antara kesadaran membaca terhadap prestasi belajar
siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 10
Kota Bogor. Penelitian ini dilakukan kurang lebih 3 bulan, yaitu bulan Februari
sampai April 2019 yang dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Bogor. Adapun
populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Kota Bogor.
Responden penelitian ini ditentukan secara Random Sampling. Tipe penelitian ini
menggunakan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan kuesioner
(angket) dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara
kepada guru dan siswa. Sedangkan untuk kuesioner diberikan kepada responden
yang telah terpilih secara random. Kemudian data yang sudah didapatkan di
analisis secara kuantitatif menggunakan teknik korelasi menggunakan SPSS 20.
Hasil penelitian mengenai Hubungan Kesadaran Membaca Terhadap Prestasi
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA
Negeri 10 Kota Bogor, menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
kesadaran membaca terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai 0,435 yang
berada dikisaran angka 0,40-0,70 yang berarti berhubungan sedang.
Kata Kunci: Kesadaran Membaca, Mata Pelajaran PAI, Prestasi Belajar.