Abstak
Firda Nur Khalitza 171104090873, “Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan
Kesadaran Beragama Siswa SMAN 1 Nanggung Kabupaten Bogor”. 2021, dibimbing oleh
Chodidjah Makarim dan Syarifah Gustiawati. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama
Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Media sosial memiliki berbagai macam fungsi bagi setiap penggunanya. Oleh
sebab itu, membuat penggunanya lupa waktu karena terlalu sibuk untuk menggunakan
media sosial sehingga hal tersebut dapat membuat siswa melalaikan tanggung jawabnya
kepada Allah SWT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media sosial pada
siswa SMAN 1 Nanggung Kabupaten Bogor, faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran
beragama siswa, tingkat kesadaran beragama siswa, dan hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan kesadaran beragama siswa SMAN 1 Nanggung
Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian
menunjikan bahwa penggunaan media sosial pada siswa sebagian besar (43%) cukup baik, dan tingkat penggunaan media sosial (61%) berkategori sedang. Faktor-faktor yang
mempengaruhi kesadaran beragama pada siswa SMAN 1 Nanggung yaitu faktor internal
dan eksternal hasil menunjukan bahwa (93,7%) pengaruh bawaan yang diwariskan secara
turun menurun, (88,89%) kondisi kejiwaan, (88,33%) lingkungan keluarga, (79,81%)
lingkungan sekolah, (75,56%) lingkungan masyarakat dan (68,89%) pengaruh kepribadian.
Kesadaran beragama siswa SMAN 1 Nanggung Kabupaten Bogor sebagian besar (50%)
baik, tingkat kesadaran beragama siswa sebagian besar (37%) berkategori tinggi. Ada
hubungan yang signifikan antara Penggunaan Media Sosial dengan Kesadaran Beragama
Siswa SMAN 1 Nanggung Kabupaten Bogor dengan nilai rxy 0,316 yang berada pada
kisaran angka 0,20-0,40 yang termasuk korelasi rendah atau lemah. Sedangkan nilai Ttabel 0,268 dengan taraf signifikansi 5% dihasilkan nilai signifikan 0,020. Artinya (0,316 >
0,268) dan (0,020 < 0,05), berarti alternatif (Ha) diterima.
Kata Kunci: Media Sosial, Kesadaran Beragama, siswa SMA.