Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN PRILAKU JUJUR SISWA KELAS 8 SMP IBNU AQIL KOTA BOGOR
Tahun 2019
Tanggal Input 08 Jul 2025, 08.57



Abstak

Muhamad Syamsul Ma’arif
151104090178
Jujur adalah sikap yang dimiliki seseorang yang senantiasa
berpijak pada kebenaran, terhindar dari indikasi kemunafikan, kepalsuan,
rekayasa, basa-basi, kepura-puraan, dan perbuatan manipulatif. Penelitian ini
dilatar belakangi oleh masih adanya siswa yang berprilaku tidak jujur baik kepada
guru maupun kepada orang tua, yang dikhawatirkan sikap atau prilaku tidak jujur
tersebut dapat dijadikan sebuah kebiasaan yang mengarah kepada rusaknya adab
siswa dan akan mengakibatkan hilangnya nilai-nilai dari sebuah kejujuran. Maka
pendidikan agama Islam sangat penting untuk dipelajari, dihayati dan diamalkan
sehingga terbentuknya kepribadian muslim yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pendidikan
agama Islam terhadap prilaku jujur siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Penelitian kuantitatif
adalah metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan
antar variabel. Penelitian ini menggunakan teknik survei, yaitu untuk
mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekelompok objek (populasi).
Dari hasil data SPSS didapatkan nilai rata-rata variabel X (pembelajaran
pendidikan Agama Islam) sebesar 85,00, median sebesar 85,50 range sebesar 26
dan nilai yang sering muncul adalah sebesar 86.
Demikian halnya dengan variabel Y (Prilaku Jujur Siswa) dari hasil data
SPSS didapatkan nilai rata-rata sebesar 81,59, median sebesar 83,00, range
sebesar 41 dan nilai yang kerap sering muncul adalah sebesar 89.
Berdasarkan hasil kedua penelitian di atas menjelaskan bahwa terdapat
signifikasi 0,000 kurang dari 0,05 yang berarti (Ho) ditolak, dan terdapat nilai
korelasi sebesar 0,679 yang berarti (Ha) diterima, yang berarti terdapat hubungan
positif yang signifikan antara pembelajaran pendidikan agama islam (variabel X)
terhadap prilaku jujur siswa (variabel Y), maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa
pembelajaran pendidikan agama islam ada hubungan yang sedang atau cukup
signifikan terhadap prilaku jujur di SMP IBNU AQIL Kabupaten Bogor.
Kata kunci: pembelajaran , pendidikan agama Islam, prilaku jujur


Preview