Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN ANTARA KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 5 KOTA BOGOR
Tahun 2021
Tanggal Input 03 Jul 2025, 09.16



Abstak

Siti Aminah
171104090106
Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar
memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya ialah kemandirian belajar.
Siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi maka akan memiliki rasa tanggung
jawab, rasa inisiatif, memiliki kepecayaan diri, mampu mengatasi masalah sehingga hasil
belajarnya pun dapat meningkat, sedangkan siswa yang memiliki kemandirian yang rendah maka siswa akan selalu bergantung kepada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa kelas XI IPS, untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa kelas XI IPS dan juga untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PAI di SMAN 5 Kota Bogor. Penelitian ini
menggunakan metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 5 Kota Bogor yang berjumlah 97. Sampel pada
penelitian ini dilihat dari tabel Krejcie dan Morgan dalam tabel tersebut diketahui bahwa
jumlah sampel yang akan di uji adalah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan cara simple random sampling. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner untuk kemandirian belajar dan dokumen umtuk hasil belajar PAI yang diambil dari nilai PTS tahun ajaran 2021/2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi data, uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ada 3 yaitu tingkat kemandirian belajar siswa kelas XI IPS berada dalam kategori baik dengan persentase 50%, hasil belajar PAI siswa kelas XI IPS berada dalam kategri cukup baik dengan persentase 32,90%, dan terdapat hubungan yang signifikan dan juga positif antara kemandirian belajar dan hasil belajar PAI siswa dibuktikan dengan nilai Sig. (2 tailed) 0,007 < 0,05 dan nilai rhitung atau pearson correlations sebesar 0,309 nilai tersebut berbentuk positif maka dapat dikatakan bahwa semakin meningkatnya kemandirian belajar siswa maka akan semakin meningkat pula hasil belajar PAI siswa.
Kata Kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, PAI.


Preview