Abstak
Fathur Rahman Makbul
181106041171
Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi tidak dapat
dihindari dalam pemanfaatannya di berbagai bidang termasuk di bidang
pendidikan. Perkembangan teknologi informasi dan kemudahan penggunaan
informasi bagi masyarakat harus diimbangi dengan alternatif aplikasi lokal yang
dapat memberikan informasi yang bermanfaat. Salah satu aplikasi yang
dikembangkan adalah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang berbagai
jenis tanaman obat dan salah satu tren teknologi informasi yang dapat
dimaksimalkan dalam mendukung proses belajar mengajar adalah penggunaan
teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR dapat menampilkan informasi
berupa gambar dalam bentuk 2D atau 3D dan dilengkapi dengan fasilitas suara dan
gambar. Dalam penelitian ini, akan dikembangkan aplikasi pengenalan tanaman
dengan menggunakan teknologi AR. Aplikasi dapat dimanfaatkan pengguna untuk
menampilkan informasi mengenai tanaman yang dapat dijadikan obat. Metodologi
penelitian ini menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life
Cycle (MDLC). Dengan menggunakan metode ini proses pengembangan aplikasi
dapat dilakukan dengan penambahan fitur-fitur selama dalam pengembangannya.
Pengembangan aplikasi AR dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Unity
3D dan hasil aplikasi dijalankan dengan menggunakan smartphone Android. Hasil
penelitian berupa aplikasi AR yang dapat digunakan sebagai media untuk
pengenalan tanaman yang dapat dijadikan obat. Simpulan dari penelitian ini
diantaranya aplikasi dapat digunakan sebagai alternatif dalam pencarian informasi
tanaman obat.
Kata kunci: AR, Tanaman, Obat, Game, Marker, Markerless