Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI AL – IKHLAS CICADAS BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 04 Jul 2025, 14.17



Abstak

Anugrah Suci Prihatini 181105010237 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Al – Ikhlas Cicadas Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Model pembelajaran Picture And Picture pada proses pembelajaran menekankan pada siswa dituntut untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dilakukan dalam kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran fiqih di MI Al – Ikhlas Cicadas Bogor. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi ksperimental design. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dalam rumusan masalah yang meliputi: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas II di kelas eksperimen pada mata pembelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture di MI Al – Ikhlas 2) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar siswa kelas
II pada kelas eksperimen di MI Al – Ikhlas Cicadas Bogor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: a) hasil belajar pada nilai rata – rata pretest peserta didik di kelas kontrol sebesar 33,77 dan pretest peserta didik di kelas eksperimen sebesar 59,64, sementara itu hasil nilai rata – rata pada posttest kelas kontrol sebesar 69,11 dan posttest pada kelas eksperimen sebesar 78,58 b) pengaruh signifikansi beda rata – rata dua kelompok yang diberikan perlakuan baik model konvensional
maupun Picture And Picture yang diterapkan dengan uji Mann-Whitney diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,029 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Picture and Picture terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih dengan kategori signifikansi sedang karena nilai signifikansi yang digunakan peneliti adalah 0,05 (5%). Model pembelajaran Picture And Picture dapat dijadikan alternatif guru dalam proses pembelajaran fiqih agar dapat mengembangkan model pembelajaran yang diterapkan pada siswa, agar siswa tidak merasa jenuh pada saat melakukan kegiatan pembelajaran, kejenuhan tersebut dapat diminimalisir
secara optimal, dengan diterapkannya model pembelajaran Picture And Picture di dalam proses pembelajaran untuk mengetahui pengaruh pada hasil belajar kognitif siswa untuk berkontribusi secara maksimal di dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Hasil belajar, Picture And Picture, Fiqih.


Preview