Abstak
Ahmad Sa’bani (191105010477): Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kesadaran Siswa Beribadah Shalat Lima Waktu di SMA Negeri
5 Kota Bogor, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama
Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Lingkungan sekolah harus mengupayakan siswa dalam melaksanakan ibadah, salah
satunya meningkatkan kesadaran siswa dalam beribdah mulai dari hal yang diwajibkan
sampai yang disunnahkan sesuai dengan ajaran Islam, berbegai macam upaya harus
direncanakan dan diaplikasikan untuk mencapai tujuan dan visi misi untuk guru maupun
sekolah menjadi baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
deskriptif dan studi kasus dengan bantuan observasi, wawancara dan dokumentasi untuk
memperoleh informasi tentang cara dan peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran
siswa SMAN 5 Kota Bogor Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 6 narasumber di sekolah
SMAN 5 Kota Bogor. Hasil penelitian ini penulis dapat menunjukan bahwa; 1). Peran guru
PAI dalam meningkatkan kesadaran siswa merupaan hal yang harus dilakukan dengan
menyusun cara apa saja yang paling efektif untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam
beribadah, seperti memberikan nasihat dan motivasi internal dan eksternal, melakukan
pendekatan rasional, memberikan reward dan punishment. 2). Kesadaran siswa yang harus
dibangun dengan memberikan banyak dukungan dari lingkungan sekitar. 3). Penghambat
yang membuat guru ataupun siswa sulit adalah kurangnya fasilitas masjid yang luas
sedangkan jumlah SDM yang banyak Tindakan yang digunakan sebagai solusi dari masalah
yang ada yaitu berupa penjabaran deskriptif untuk sekolah dalam mengupayakan peran guru
PAI untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam beribadah
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Kesadaran Siswa, Shalat lima waktu