Abstak
Siti Virni Saniyah (NPM. 191105060300) : Studi Komparasi Persepsi Siswa
Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 15 Kota
Bogor dan SMP Negeri 19 Kota Bogor, Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Banyak persepsi tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling (BK) disekolah,
baik negatif maupun positif. Banyak yang sudah memahami peranan guru BK beserta
tugas-tugasnya di sekolah, namun masih ada pula yang kurang tepat dalam
berpersepsi.Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi
siswa terhadap pelaksanaan layanan BK di SMPN 15 dan SMPN 19 dan mengetahui
apakah terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan BK di SMP
Negeri 15 dan SMP Negeri 19. Jenis penelitian yang digunakan,yaitu deskriptif
kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa/I kelas VIII di SMP Negeri 15 kota Bogor
dan SMP Negeri 15 kota Bogor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner yang selanjutnya di beri skor dengan skala model likert, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif
persentase dan uji hipotesis. Hasil perhitungan dengan SPSS versi 26 menggunakan uji
Mann-Whitney. Memperoleh hasil asymp. sig (-6,699) 0,000 < 0,05 artinya Ha diterima
dan H0 ditolak. Dibuktikan juga pada hasil rata-rata presentase di SMPN 15 dalam
katagori baik, dengan presentase sebesar 71?n di SMPN 19 dalam katagori cukup,
dengan presentase sebesar 63%. Hal tersebut dipengaruhi dengan faktor eksternal,
diantara nya latar belakang guru BK dan cara mengevaluasi kegiatan
Kata Kunci : Persepsi, Siswa, Layanan bimbingan dan konseling