Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 9 KOTA BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 13.33



Abstak

Seka Pratama Dewi 191105010287. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua
Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
di SMPN 9 Kota Bogor”. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2023, Skripsi.
Latar belakang masalah pada penelitian ini, yaitu masih terdapat siswa di
SMPN 9 Kota Bogor yang kurang minat dalam mata pembelajaran Pendidikan
Agama Islam. Dalam hal ini, perlunya dorongan dari orang tua dalam mendidik dan
membimbing serta mengawasi siswa untuk menumbuhkan dan membangkitkan
minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga
semakin baik pola asuh orang tua maka semakin tinggi pula minat belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Untuk mengetahui gaya pola asuh yang diterapkan oleh orang tua siswa di kelas
VIII SMPN 9 Kota Bogor. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa di kelas VIII
SMPN 9 Kota Bogor. (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap
minat belajar pendidikan agama Islam siswa di kelas VIII SMPN 9 Kota Bogor.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan
pengumpulan data dilakukan dengan cara mendistribusikan angket pola asuh orang
tua dan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kepada 81 siswa dalam 3 kelas,
yaitu kelas VIII-B, VIII-E dan VIII-G di SMPN 9 Kota Bogor yang beragama
Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Nilai rata-rata pola asuh orang tua
90,09?n minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebesar 79,23%. (2) Uji
hipotesis dengan model summary dengan nilai korelasi/pengaruh adalah 0,476
terletak pada tabel interprestasi sedang atau cukup dengan nilai 0,40- 0,60 yang
artinya pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang sedang atau cukup terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 9 Kota Bogor. (3)
Hasil uji T dengan nilai t hitung 4,816 > t tabel 1,664, yang artinya pola asuh orang
tua berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI
di kelas VIII SMPN 9 Kota Bogor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai
berikut: (1) Pola asuh orang tua pada siswa kelas di VIII SMPN 9 Kota Bogor
dengan kategori sangat baik. (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam yang dimiliki siswa kelas di VIII SMPN 9 Kota Bogor
dengan kategori tinggi. (3) Hasil uji koefisien determinasi nilai R Square sebesar
0,227 yang artinya bahwa pengaruh variabel bebas pola asuh orang tua terhadap
variabel terikat minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 9
Kota Bogor adalah sebesar 22,7% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua
terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas di
kelas VIII SMPN 9 Kota Bogor.
Kata Kunci : Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar Siswa