Abstak
Putri Dinda Nurmaulidia 2021 Pengaruh Metode Discovery Leraning
Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajara Aqidah Akhlak
Kelas VIII MTs Nurul Ihsan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Metode Discovery
Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajara Aqidah Akhlak
Kelas VIII MTs Nurul Ikhsan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor. karena
pembelajaran Aqidah Akhlak penting dalam kehidupan sehari- hari. pada
metode Discovery Leraning apakah ada pengaruh pada prestasi belajar siswa
kelas VIII di MTs Nurul Ikhsan. Adapun penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif jenis exsperimen dengan penelitian pretest-posttest pada
pembelajaran Aqidah Akhlak. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas
VIII MTs Nurul Ihsan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas VIII
A sebagai kelas exsperimen sebanyak 27 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas
control sebanyak 27 siswa. jadi siswa keseluruhan kelas VIII adalah 54 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, untuk mengukur
hasil belajar menggunakan pretest dan posttest yang terbentuk tes obyektif
pilihan ganda sebanyak 30 soal. Uji coba instrument dengan melakukan uji
validitas dan realibilitasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Independent
Samples Test SPSS 26. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan
metode Discovery Leraning pada pembelajaran Aqidah Akhlak telah dilakukan
dengan baik dan sesuai dengan langkah- langkah pembelajaran yang telah
ditentukan. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa kelas exsperimen yang
mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata nilai pretest 60 dan rata-rata nilai
posttest 85. Penggunaan metode Discovery Learning merupakan pengaruh yang
lebih besar terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil hitung Independent
Samples Test di dapat nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,032 atau (0,032<0,05).Hal
ini menunjukan bahwa hal di terima dengan terdapat perbedaan prestasi belajar
siswa yang signifikan antara kelas exsperimen dengan kelas kontrol. Artinya
metode Discovery Leraning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning, Prestasi Belajar, Aqidah Akhlak.