Abstak
Mohamad Fahri Muzaki 191105010459, “PERAN GURU PAI TERHADAP
PEMBATASAN
SMARTPHONE
DALAM MENINGKATKAN
KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MADRASAH
ALIYAH NEGERI 1 BOGOR” skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor
Peran guru terhadap pembatasaan smartphone guru dapat mengambil langkah
langkah yang tepat dalam mengatur penggunaan smartphone yang digunakan oleh
peserta didik. Salah satu hal yang diharapkan ini untuk meningkatkan kedisiplinan
belajar peserta didik. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah: 1) Mengetahui
pelaksanaan pembatasan smartphone di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 2)
Mengetahui peran guru dalam pembatasan smartphone yang dilakukan peserta
didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor, 3) Mengetahui peran guru dalam
meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1
Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
dekriptif.
Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan
mewawancarai 5 peserta didik dan data yang diperoleh dianalis menggunakan
reduksi data. Hasil dari analisis data ditemukan 10 tema, yaitu: (1). Pagi sampai
sore (2). Kegiatan belajar mengajar (3). Kesiswaan (4). Pembatasan waktu (5).
Strategi pembelajaran (6). Penerapan sanksi (7). Memberikan teladan yang positif
(8). Membuat aturan (9). Membangun lingkungan belajar (10). Guru sebagai
pembimbing. Pembatasan smartphone ini dinilai dapat meningkatkan kedisiplinan
belajar peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor dan guru
berperan penting saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dengan merancang
strategi pembelajaran yang efektif, dan peserta didik perlu memahami bahwa
pembatasan smartphone ini bukan bertujuan untuk melarang sepenuhnya, tetapi
juga untuk membantu dalam meningkatkan fokus dan kedisiplinan dalam belajar.
Kata kunci: Peran guru, smartphone, kedisiplinan belajar