Abstak
Muhamad Zandan Zaeni Raman
161104091297
Kedisiplinan dalam pendidikan menjadi keharusan untuk mendapatkan hasil belajar yang
baik. Namun, berdasarkan informasi dari guru Mts Darul Ulum Ciherang Pondok pada
tahun 2021 penulis menemukan sebagian besar siswa kelas IX pada kenyataannya
mengalami kekurangan tingkat disiplin. Sehingga Kompetensi leadership guru PAI dalam
membimbing siswa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa selama pembelajaran
berlangsung sangat dibutuhkan, karena pendidik harus bisa menjadikan diri siswa
mengambil keputusan, menyelesaikan masalah, dan berjiwa leadership maka akan
tumbuh sikap disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara
kompetensi leadership dan tingkat disiplin siswa kelas IX di salah satu Sekolah
Menengah di Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
melakukan uji korelasi. Peneliti memperoleh data dari sampel sebanyak 89 siswa kelas IX
melalui angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa diperoleh Pearson Correlation
sebesar 0,418, jika dilihat dari tabel interpretasi, hasil 0,418 terletak diantara 0,40-0,70.
Artinya, hasil 0,418 termasuk kedalam kriteria yang cukup kuat, sehingga peneliti dapat
menarik kesimpulan bahwa terdapat korelasi yang positif antara variabel X dan variabel
Y dengan hubungan yang sedang. Selain itu dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 yang mana lebih kecil dibandingkan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa antara Kompetensi leadership guru PAI (X) dan tingkat disiplin siswa Kelas IX
Mts Darul Ulum Ciherang Pondok (Y) terdapat hubungan yang signifikan dan bersifat
positif. Dengan kata lain semakin baik kompetensi leadership guru PAI maka akan
semakin tinggi tingkat disiplin siswa.
Kata kunci : Tingkat Disiplin, Kompetensi Leadership, Guru PAI