Abstak
Muflihuddin
141104091017
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu mata
pelajaran yang dapat merubah akhlak dan dapat menerapkan pelaksanaan ibadah
siswa dalam kehidupan sehari-hari baik itu di sekolah atau pada saat di rumah.
Namun dalam pembelajaran PAI ini memiliki beberapa kendala dalam
pelaksanaan kurikulum PAI di sekolah, antara lain sebagian guru maupun peserta
didik menganggap bahwa PAI bukan mata pelajaran yang di Ujian Nasional,
sehingga kurang mendapat perhatian. Kemudian jumlah guru PAI yang terbatas
sehingga keteladanan dari guru di sekolah masih kurang serta banyaknya materi
pembelajaran PAI dengan waktu yang sebentar.
Skripsi ini mengkaji tentang hubungan pembelajaran PAI di sekolah dan
pengaruhnya terhadap pergaulan siswa di rumah. Penulisan skripsi ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran PAI di sekolah terhadap
pergaulan siswa di rumah, apakah ada hubungan yang signifikan antara
pembelajaran PAI di sekolah terhadap pergaulan siswa di rumah siswa kelas XI
jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita Ciampea.
Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif
yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dan fenomena objek
yang diteliti dan ditunjang oleh referensi-referensi yang berkaitan dengan tema
yang dibahas pada skripsi ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
sampling random yang berjumlah 40 responden. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode skala atau kuisioner. Analisis instrumen meliputi
analisis validitas dan reliabilitas serta normalitas. Hasil analisis validitas
menunjukkan dari 15 butir soal pembelajaran PAI di sekolah sebanyak 15 soal
semua valid. Dan 15 butir soal pergaulan siswa di rumah sebanyak 15 soal semua
valid. Analisis data meliputi analisis korelasi product moment pearson.
Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa dari perhitungan sebesar 0,604
angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda negatif, yang terletak antara
0,40-0,70. Maka dapat dikatakan bahwa antara pembelajaran PAI di sekolah dan
pergaulan siswa di rumah terdapat pengaruh yang sedang atau cukup. Melihat
perhitungan yang diperoleh adalah 0,604. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang signifikan antara pembelajaran PAI di sekolah dan pergaulan
siswa di rumah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Pelita Ciampea.