Abstak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media
video pembelajaran pada mata kuliah Desain Pembelajaran di Program Studi Teknologi
Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan Bergman and Moore yang terdiri dari 6 tahap, yaitu 1) Analisis, 2)
Desain, 3) Pengembangan, 4) Produksi, 5) Penggabungan dan 6) validasi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket kuisioner. Dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji kelayakan
oleh validasi ahli materi sebesar 94,4% (sangat layak), validasi ahli media sebesar
94,7% (sangat layak), validasi ahli bahasa sebesar 96,8% (sangat layak), dan validasi
ahli desain pembelajaran sebesar 90% (sangat layak). Hasil persentase ahli menunjukan
bahwa media video pembelajaran memiliki kualitas sangat baik, sehingga media video
pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Video pembelajaran, Desain Pembelajaran, Pengembangan