Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 10 KOTA BOGOR
Tahun 2018
Tanggal Input 07 Jul 2025, 11.36



Abstak

Robiah Adawiyah
131104090816
Kerjasama adalah membagi kegiatan dalam tugas-tugas kecil di antara
sekelompok orang dengan kerjasama akan membuat peerjaan menjadi lebih
ringan karena masing-masing orang memperoleh tugas tertentu. Kegiatan
bekerjasama akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat selesaikarena tugas
yang banyak di bagi dalam tugas-tugas kecil untuk masing-masing orang.
Guru dan orang tua pada hakekatnya memiliki tujuan yang sama dalam
pendidikan anak, yaitu mendidik, membimbing, membina serta memimpin
anaknya menjadi orang dewasa serta dapat memperoleh kebahagiaan hidupnya
baik di dunia maupun di akhirat kelak. Seorang guru akan senang melihat
siswanya, ketika siswanya tersebut memiliki prestasi. Dan demikian pula orang
tua akan lebih senang lagi bahkan bangga ketika anaknya memiliki prestasi.
Karena itu guru dan orang tua memiliki tujuan yang sama dalam mendidik.
Untuk dapat mewujudkan harapan tersebut, tentunya harus ada kerjasama yang
baik antara guru dan orang tua. Kerja sama yang baik antara guru dan orangtua
sangat penting karena dua pihak inilah yang setiap hari berhadapan langsung
dengan siswa. Jika kerja sama antara guru dan orang tua kurang, maka
pendidikan tidak akan berjalan dengan baik bahkan pendidikan yang
direncanakan tersebut tidak akan berhasil dengan baik. Kerjasama antara orang
tua dan guru akan mendorong siswa untuk senantiasa melaksanakan tugasnya
sebagai pelajar, yakni belajar dengan tekun dan bersemangat.
Peneliti dengan judul “Pengaruh Kerja Sama Orang Tua dan Guru dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”, memiliki rumusan masalah apakah
terdapat pengaruh antara kerja sama orang tua dan guru terhadap prestasi belajar
siswa, dan seberapa besar pengaruh kerja sama orang tua dan guru terhadap
prestasi belajar siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
apakah ada pengaruh yang signifikan antara kerja sama orang tua dan guru
terhadap prestasi belajar siswa dan seberapa besar pengaruhnya kerja sama
orang tua dan guru terhadap prestasi belajar siswa.
menggunakan metode kuantitatif. Adapun pengambilan sampel penulis
menggunakan teknik random sampling dimana setiap populasi memiliki
kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Pengumpulan data diambil
melalui angket dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan
menggunakan Persentase dan Produk Moment. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X di Sma 10 Negeri Kota Bogor yang berjumlah 299,
sedangkan sampelnya berjumlah 60 siswa.
Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara Kerjasama orang tua dan guru terhadap Prestasi
Belajar Siswa di SMAN 10 Kota Bogor, dengan kontribusi pelaksanaan
kerjasama Orang Tua dan Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa rxy= 0.29 lebih
besar dari r tabel pada taraf signifikan yaitu 5%= 0,250 1%= 0,325 Jadi rhitung
lebih besar dari rtabel (0,325>0,29> 0,250 ) ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.


Preview