Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PAI KELAS XI DI SMAN 10 KOTA BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 04 Aug 2025, 08.23



Abstak

Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pembelajaran kooperatif tipe Make A
Match bertujuan meningkatkan hasil belajar PAI yang masih rendah. Banyak siswa belum
dapat mengikuti pembelajaran secara optimal, kurang memperhatikan presenter, dan tidak
aktif saat diskusi, sehingga hasil belajar belum memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe
Make a Match terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 10 Bogor. Secara khusus
penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model
Make a Match, (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan metode
konvensional, (3) Mengetahui perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran
kooperatif tipe Make A Match dengan metode konvensional terhadap hasil belajar, dan (4)
Menganalisis pengaruh signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data
berupa tes. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan subjek penelitian
terdiri dari kelas XI F sebagai kelas kontrol (metode konvensional) dan kelas XI B sebagai
kelas eksperimen (metode Make A Match) masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen
penelitian berupa soal pre-test dan post-test yang berjumlah 20 soal dan telah divalidasi
oleh ahli dengan nilai reliabilitas 0,624.
Hasil penelitian : (1) Hasil belajar pada kelas eksperimen dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam proses pembelajaran PAI tergolong baik
dengan nilai rata-rata pretest 59,17 dan nilai rata-rata posttest 83 serta selisih kenaikannya
23,83 dengan persentase 40,27%, (2) Hasil belajar pada kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam proses
pembelajaran PAI memiliki nilai rata-rata pretest 62,67 dan nilai rata-rata posttest 76,67
serta nilai selisih kenaikannya 14 dengan persentase 22,33%, (3) Terdapat perbedaan hasil
belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, (4) Berdasarkan hasil pengujian melalui
Independent Sample t-test, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,003. Nilai
tersebut lebih kecil dari pada 0,005. Hal tersebut menunjukkan bahwa Sig. (2-tailed) <
0,005 maka, ?0 ditolak dan ?1diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil
belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 10 Kota Bogor.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, model pembelajaran kooperatif, Make A Match,
hasil belajar