Abstak
Muhamad Arya Diharja NPM 201105010908 Hubungan Metode
Pembelajaran Kooperatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pakansari 01
Cibinong Bogor Dibawah Bimbingan Dr. H. Dedi Supriadi, M.Si., M.Pd. dan
Nurman Hakim, M.E.
Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk generasi yang cerdas dan
berakhlak. Dalam konteks ini, Pendidikan Agama Islam (PAI) bertujuan
membentuk karakter siswa yang religius dan bermoral. Namun, dalam praktiknya,
pembelajaran PAI sering masih bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa
secara aktif, sehingga hasil belajar belum optimal. Metode pembelajaran
kooperatif hadir sebagai alternatif yang dapat meningkatkan partisipasi dan
pemahaman siswa melalui kerja sama dalam kelompok. Penelitian terdahulu
menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan hasil belajar dan
membentuk keterampilan sosial. Di SDN Pakansari 01 Cibinong, metode ini
mulai diterapkan dalam pembelajaran PAI, namun efektivitasnya terhadap prestasi
belajar siswa belum banyak diteliti.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas V
sesudah menggunakan metode pembelajaran kooperatif; dan (2) menganalisis
hubungan antara metode pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar siswa kelas
V SDN Pakansari 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode survei. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu 60 siswa kelas
V SDN Pakansari 01 Cibinong. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan
dianalisis melalui analisis deskriptif, uji instrumen, analisis kuantitatif, serta uji
hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa sebelum
penerapan metode pembelajaran kooperatif berada pada kategori rendah hingga
sedang; (2) setelah penerapan metode tersebut, hasil belajar meningkat secara
signifikan dengan mayoritas siswa mencapai kategori “Baik” dan “Baik Sekali”;
dan terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran kooperatif
dengan hasil belajar siswa, sebagaimana dibuktikan oleh nilai koefisien regresi
sebesar 1,078 dan hasil uji t serta uji F yang signifikan.
Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode
pembelajaran kooperatif secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran PAI, khususnya dalam memahami materi ibadah seperti
sholat. Oleh karena itu, guru disarankan untuk lebih sering menggunakan metode
ini dalam proses pembelajaran guna menciptakan suasana belajar yang aktif,
kolaboratif, dan bermakna. Temuan ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan
bagi pengambil kebijakan pendidikan dalam merancang kurikulum dan pelatihan
guru.
Kata kunci :Metode Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Siswa, Bogor