Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 DI SDIT QURRATA'AINI BAITUSSALAM
Tahun 2025
Tanggal Input 01 Aug 2025, 10.40



Abstak

Putri Rahayu Pertiwi NPM 211105050375.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA
berbasis projectterhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 di SDIT
Qurrata’aini Baitussalam, mengetahui cara implementasi model pembelajaran
tersebut, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam
pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan
desain sequential explanatory, yaitu metode kuantitatif dilanjutkan dengan
kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari 59 siswa yang dibagi menjadi kelas kontrol
dan kelas eksperimen.Data kuantitatif diperoleh melalui tes pretest dan posttest
kemampuan berpikir kritis, kemudian dianalisis menggunakan uji independent
sample t-test. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar
0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan
berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata nilai
posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 90,80 lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol yaitu 79,86. Data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi.
Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis projectdilaksanakan dengan
pemberian tugas projectyang relevan, kerja kelompok, presentasi, serta bimbingan
guru sebagai fasilitator. Faktor pendukung implementasi pembelajaran ini meliputi
antusiasme siswa dan dukungan dari sekolah, sedangkan faktor penghambatnya
adalah keterbatasan sarana, waktu, serta perbedaan kemampuan siswa. Dengan
demikian, pembelajaran IPA berbasis projectefektif dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat diimplementasikan dengan dukungan
perencanaan serta fasilitas yang memadai.
Kata kunci: Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA, ProjectBased Learning (PjBL),
Siswa Kelas 5.