Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul DAMPAK KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MATA PELAJARAN SKI KELAS XI MIPA 1 MAN 1 KAB. BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 04 Jul 2025, 14.39



Abstak

Jefry Ade Putra 181105010236, “Dampak Kesulitan Peserta Didik
Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Mata Pelajaran SKI kelas XI MIPA 1
Kab. Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibnu
Khaldun Bogor. 2022. Skripsi.
Skripsi ini dilatar belakang pada kegiatan belajar yang berlangsung dalam
lingkungan MAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor yang selama masa pandemi
menjalani pembelajaran jarak jauh. Saat ini sekolah MAN 1 Cibinong sudah
mengalami perubahan dimulai dari sebelum pembelajaran jarak jauh kemudian
mengalami pandemi dan kini menjalani pembelajaran yang normal kembali.
Tentunya dialami banyaknya perubahan terutama dampak terhadap kesulitan anak
dalam pembelajaran jarak jauh yang mereka jalani selama kurang lebih dua tahun.
Kesulitan ini tentu lebih terasa dalam bidang pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam atau SKI. Dalam pembelajaran SKI yang merupakan dasar dari
pembelajaran sejarah memerlukan penjelasan dan perincian yang mendalam
tentang latar belakang terjadinya sebuah sejarah tentu sangat berdampak terhadap
pembelajaran yang berjalan dengan kegiatan jarak jauh dengan segala
keterbatasannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif yang bersifat deskriptif. Menggunakan metode pendekatan analisis studi
kasus yang merupakanan metode dalam menggali data dalam kasus tertentu. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa anak didik banyak perubahan cara belajar yang
diperoleh dari dampak kesulitan yang mereka alami selama pembelajaran jarak
jauh. Dampak yang muncul adalah dampak pada psikologisnya, organisasi, sosial
dan aktivitas aktif-kreatif dalam belajar.
Kata kunci: Dampak Kesulitan, Pembelajaran Jarak Jauh, Peserta Didik


Preview