Abstak
ABSTRAK
Mutiāah Rahmah Sukatma. 201105010117. 2024. Peran Orang Tua Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Rumah Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Di Desa Tajurhalang Kabupaten Bogor. Fakultas
Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Peranan orang tua dalam kegiatan belajar peserta didik menempati tempat yang
sangat penting, karena pendidikan yang diterapkan orang tua kepada anaknya turut
meningkatkan minat belajar anak. Peran aktif orang tua sangat penting bagi
keberhasilan pendidikan anak. Peran aktif tersebut dapat terlihat dalam proses
pembelajaran. Orang tua harus bekerja lebih aktif dengan guru untuk mendukung
anak-anak mereka di rumah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak di rumah pada
mata pelajaran Pendidikan Agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif yang akan menghasilkan data yang bersifat deskriptif, adapun metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak di
rumah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di RT 03/ RW 05 yaitu sebagai
fasilitator yang menyediakan segala kebutuhan yang dapat menunjang kegiatan
belajar anak di rumah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebagai
motivator yang senantiasa memberikan semangat untuk selalu meningkatkan
prestasi belajar mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan selalu
mengapresiasi pencapaian yang didapat oleh anak, serta sebagai pembimbing dalam
kegiatan belajar anak di rumah yang senantiasa membantu setiap kesulitan yang
dihadapi oleh anak dalam kegiatan belajar di rumah pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Kata kunci : Peran, Orang Tua, Minat Belajar
ABSTRACT
Muti'ah Rahmah Sukatma. 201105010117. 2024. The Role of Parents in
Increasing Children's Interest in Learning at Home in Islamic Religious
Education Subjects in Tajurhalang Village, Bogor Regency. Faculty of Islamic
Religion. Ibnu Khaldun University Bogor.
The role of parents in students' learning activities occupies a very important place,
because the education that parents apply to their children also increases children's
interest in learning. The active role of parents is very important for the success of
children's education. This active role can be seen in the learning process. Parents
must work more actively with teachers to support their children at home. The aim of
this research is to find out the role of parents in increasing children's interest in
learning at home in Islamic Religious Education subjects. This research uses a
qualitative approach which will produce descriptive data. The method used in this
research is a case study, the data collection methods used are observation,
interviews and documentation. The research results show that the role of parents in
increasing children's interest in learning at home in Islamic Religious Education
subjects in RT 03/RW 05 is as facilitators who provide all the needs that can support
children's learning activities at home in Islamic Religious Education subjects. As a
motivator who always provides enthusiasm to always improve their learning
achievements in Islamic Religious Education subjects and always appreciates the
achievements obtained by children, as well as a guide in children's learning
activities at home who always helps with any difficulties faced by children in
learning activities at home in Islamic Religious Education subjects.
Keywords : Role, Parents, Interest in Learning