Abstak
Nurhasan
151104090149
Guru PAI harus mempunyai sebuah strategi dalam peroses mengajar untuk
memberikan pengetahuan kepada siswa. Mengajarkan dan menanamkan nilai nilai
karakter, agar siswa dapat memiliki karakter yang di harapkan. Jadi jika guru atau
pendidik ingin menanamkan karakter religius kepada peserta didik maka guru
memerlukan strategi yang matang agar tujuan yang dicapai bisa berjalan dengan
baik dan maksimal. Pemilihan strategi pembelajaran pada dasarnya merupakan hal
yang sangat penting yang perlu di miliki oleh setiap pendidik, karena peroses
pembelajaran merupakan peroses komunikasi multiarah antara guru, siswa serta
lingkungan belajar. Karena itu pembelajaran harus diatuar sebaik mungkin dengan
strategi yang dimiliki oleh guru tersebut, sehingga memperoleh tujuan yang telah
ditentukan. Rumusan masalah dipenelitian ini: Bagaimanakah Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius siswa di SMP
Negeri 14 Bogor?. Dengan tujuan penelitian sebagai berikut: Untuk mengetahui
strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius
siswa di SMP Negeri 14 Bogor.
Metode penelitian ini merupakan metode kualitatif, sebuah penelitian
yang melakukan penelitian lapangan, seorang peneliti datang kesekolah untuk
melakukan penelitian. Peneliti mencari data untuk diteliti dengan mewawancarai
guru maupun siswa, mengamati keadaan yang ada di sekolah, dan mencari
dokumen-dokumen sekolah baik dilakukan dengan cara memoto, menulis maupun
meminta langsung kepihak sekolah.
Hasil penelitian ini ada 5 strategi yang di lakukan guru PAI dalam
meningkatkan karakter religius siswa yaitu: Pendidikan dengan Tauladan atau
Uswah, pendidikan dengan Nasihat, pendidikan dengan Pembiasaan, pendidikan
dengan Pemberian Reward, dan pendidikan dengan Pemberian Punish atau
Hukuman.
Kata Kunci: Guru PAI, Karakter Religius,Strategi