Abstak
Dian Aryani
161103040284
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga dan
kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Toko Central
Electronic Kota Bogor). Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data
primer dari penyebaran kuesioner kepada responden. Populasi dalam penelitian ini
adalah konsumen yang melakukan pembelian di Toko Central Electronic. Jumlah
sampel dalam penelitian ini sebanyak 93 responden dengan menggunakan metode
sampling slovin. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda, analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis.
Dari hasil analisis regresi linear berganda Y = 3,682 + 0,689 X1 + 0,334
X2. Hasil analisis koefisien korelasi R = 0,850 terletak pada interval (0,80-1,00)
hal ini menunjukkan hubungan antara variabel X1 (harga) dan variabel X2
(kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (keputusan pembelian) berhubungan
positif dan sangat kuat.
Selanjutnya, dari hasil uji hipotesis pada taraf kesalahan 5% diperoleh
Fhitung (116,931) > Ftabel (3,10) maka Ho ditolak (Ha diterima) artinya terdapat
hubungan yang signifikan antara harga dan kualitas pelayanan secara bersamasama terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji koefisien determinasi terdapat
pengaruh sebesar 72,2% antara variabel bebas (harga dan kualitas pelayanan)
terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Sedangkan sebesar 27,8%
dipengaruhi oleh variabel lain dan tidak dimasukkan dalam penelitian ini, seperti
citra merek, promosi, kualitas produk dan lain-lain.
Kata kunci : harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian