Abstak
Alwie
151104090185
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas X
MAN 1 Kota Bogor. Rendahnya motivasi belajar disebabkan kurangnya variasi
metode dalam proses pembelajaran dan mendominasinya metode ceramah yang
menyebabkan siswa kurang bersemangat dan antusias dalam proses belajar
dikelas. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan salah satu alternatif
pembelajaran yang dapat meningatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan
menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Website. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis
website terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Kota Bogor. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah Eksperimen. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media
pembelajaran berbasis website dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah.
Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji
t. Hasil uji-t diperoleh hitung = 5,878 ? tabel = 2,000 sehingga Ha diterima. Hal
ini berarti ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis website
terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 Kota Bogor. Dan dari pengamatan di
dalam kelas dengan menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi
motivasi belajar siswa bahwa motivasi belajar siswa di kelas eksperimen dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis website memperoleh skor 939 atau
84,6?n motivasi belajar siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode
ceramah memperoleh skor 495 atau 44,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa motivasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan
dengan motivasi belajar siswa di kelas kontrol.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Website.