Abstak
Khairun Nisa, NPM: 161104110067
Pada zaman sekarang, dakwah tidak hanya dilakukan di Masjid oleh seorang
pencermah dari mimbar ke mimbar. Dengan ketersediaan media yang sudah sangat
maju di era 4.0 ini dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya melalui
media sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dakwah-dakwah yang
dilakukan melalui sosial media benar-benar mengandung pesan dakwah atau tidak.
Dalam skripsi ini akan dibahas pesan-pesan dakwah yang ada pada video project
“Singlelilah” yang diunggah di channel YouTube Teladan Cinema serta metode
dakwah apa yang digunakan oleh team Teladan Cinema dalam membuat video ini.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah deskriptif kualitatif, yaitu
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan kata-kata dari orang yang
diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni dengan observasi, teknik
wawancara secara langsung pada narasumber, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian
yang telah dilakukan, video project “Singlelillah” mengandung semua kategori pesan
dakwah yang memiliki keterkaitan dengan dalil dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits. Dan
metode dakwah yang digunakan adalah metode bi-al hikmah, mauizhah hasanah, dan
mujadalah bi al lati hiya ahsan.
Kata kunci: Pesan Dakwah, Channel YouTube.