Abstak
Ilmu pengetahuan sosial adalah salah satu pembelajaran yang utama dalam sebuah lembaga
pendidikan dalam menanamkan suatu karakter salah satunya karakter disiplin dan tanggung
jawab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Karakter Disiplin Pada Kelas V di SDI Al-Azhar 27
Cibinong Bogor, lalu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial Dengan Karakter Tanggung Jawab Pada Kelas V di SDI Al-Azhar 27
Cibinong Bogor. Terdapat 3 variabel yang akan di uji yaitu variabel X Ilmu Pengetahuan Sosial,
Y1 Karakter Disiplin, Y2 Karakter Tanggung Jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian yaitu angket dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDI Al-Azhar 27
Cibinong Bogor, jumlah populasi pada penelitian ini 80 siswa dan sampel 80 siswa dengan
menggunakan teknik sampling jenuh sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian hipotesis menggunakan uji korelasi product moment pada hubungan
mata pelajaraan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Karakter Disiplin yang didapatkan nilai sig (2
tailed)= 0,003<0,05 sementara nilai person correlation yang didapat sebesar 0,300 menunjukan
adanya hubungan yang lemah karena berada pada rentang 0,20-0,399. Berdasarka hasil
penelitian korelasi product moment pada hubungan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
dengan Karakter Tanggung Jawab yang didapatkan nilai sig(2-tailed)= 0,000<0,05 sementara
nilai person correlation yang didapat sebesar 0,676 menunjukan adanya hubungan yang sedang
karena berada pada rentang 0,40-0,699. Yang artinya mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial
mempunya hubungan yang signifikan dengan karakter disiplin dan tanggung jawab.
Kata Kunci : Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab