Abstak
ABSTRAK
Dea Anwariyah (201105010446), Hubungan Penggunaan Kurikulum Merdeka
terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X di MAN 2
Kabupaten Bogor, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor, Skripsi.
Kurikulum Merdeka merupakan wadah atau serangkaian sistem pembelajaran yang berisi
metode, media, tujuan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran yang dirangkum dalam
modul ajar, Kurikulum Merdeka juga menerapkan kepada siswa dalam kebebasan belajar
sesuai bakat dan minatnya serta dibantu dalam pengawasan guru yang memiliki skill dan
kemampuan dalam bidangnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
penggunaan kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
kelas X di MAN 2 Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kabupaten Bogor,
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto yaitu penelitian yang
bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau
fenomena yang disebabkan oleh perubahan variabel secara keseluruhan, metode penelitian
ini menggunakan pendekatan korelasi product momen dengan populasi berjumlah 350
siswa dan sample yang digunakan adalah 15% yaitu 53 siswa dengan Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi dan kuesioner serta Teknik analisis data menggunakan uji
validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan korelasi. Hasil penelitian hubungan
kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,025 > 0,05. Kesimpulannya dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi
yang signifikan namun dengan tingkat hubungan rendah antara hubungan penggunaan
Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X di
MAN 2 Kabupaten Bogor.
Kata Kunci : Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar SKI