Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM
Judul KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTAR GURU DAN MURID DALAM MENANGGULAGI KENAKALAN REMAJA DI SMA AL-GHAZALY KOTA BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 28 May 2025, 15.44



Abstak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem komunikasi interpersonal antara
guru dan siswa dalam menangani kenakalan remaja di SMA Al-Ghazaly, Kota
Bogor, dan mengevaluasi dampak pendekatan komunikasi Islam dalam konteks ini.
Latar belakang penelitian ini didorong oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana
interaksi sehari-hari antara guru dan siswa dapat mempengaruhi pendekatan
pencegahan dan pengelolaan kenakalan remaja. Metodologi yang digunakan adalah
kajian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam yang melibatkan guru dan
siswa sebagai peserta. Temuan utama menunjukkan bahwa kualitas komunikasi
interpersonal di Sekolah Menengah Al-Ghazaly bervariasi; Guru yang
menunjukkan keterbukaan dan empati dapat menciptakan suasana yang lebih
mendukung, sementara mereka yang kurang responsif dapat memperburuk perilaku
negatif. Selain itu, kendala dalam pelaksanaan komunikasi antara lain ketidakadilan
dalam penegakan disiplin dan kurangnya keterbukaan dari orang tua. Pendekatan
komunikasi Islam berdampak positif pada aspek spiritual dan moral, namun belum
sepenuhnya terintegrasi ke dalam kurikulum pendidikan. Kesimpulan dari
penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan keterampilan komunikasi guru,
keterlibatan orang tua yang lebih aktif, dan integrasi nilai-nilai Islam yang lebih
dalam dalam kurikulum pendidikan untuk menangani kenakalan remaja secara
efektif.
Kata kunci : Guru dan Murid Komunikasi Interpersonal; Kenakalan Remaja