Abstak
Masyafa Putri Oktariyani
191102031334
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan kelayakan bahan ajar berbasis e-book pada mata kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Reserach and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan model Bergman and Moore (1991). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, yaitu wawancara, observasi, angket kuisioner, dan dokumentasi. Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa uji kelayakan oleh validasi ahli materi sebesar 94,24% (sangat layak), ahli media sebesar 86,67% (sangat layak), dan ahli bahasa sebesar 97,2% (sangat layak). Selanjutnya hasil uji coba perorangan sebesar 80% (sangat layak), uji coba kelompok kecil sebesar 82,67 (sangat layak) dan uji coba lapangan sebesar 79,25% (sangat layak). Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: e-book interaktif, Pengantar Teknologi Pendidikan, Pengembangan.