Abstak
                                            
                                                 Ananda Rizkiya Azzahwa NPM 211105050057 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Game 
Terhadap Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 Mi Nurul Huda 3 Kota Bogor. 
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi
eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian 
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran 
berbasis game dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. 
Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang telah diuji validitas 
dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan 
minat belajar yang signifikan pada siswa kelas eksperimen setelah diterapkannya 
pembelajaran berbasis game. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan uji-t, 
diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat 
pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berbasis Game terhadap minat belajar 
IPA pada siswa. Oleh karena itu, pembelajaran ini direkomendasikan sebagai 
alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa, 
khususnya pada mata pelajaran IPA. 
Kata kunci: Game Based Learning, Minat Belajar, IPA