Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS GAME TERHADAP MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS 3 MI NURUL HUDA 3 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 31 Jul 2025, 13.37



Abstak

Ananda Rizkiya Azzahwa NPM 211105050057

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Berbasis Game
Terhadap Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas 3 Mi Nurul Huda 3 Kota Bogor.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi
eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian
terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran
berbasis game dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang telah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
minat belajar yang signifikan pada siswa kelas eksperimen setelah diterapkannya
pembelajaran berbasis game. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan uji-t,
diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan dari pembelajaran berbasis Game terhadap minat belajar
IPA pada siswa. Oleh karena itu, pembelajaran ini direkomendasikan sebagai
alternatif pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa,
khususnya pada mata pelajaran IPA.
Kata kunci: Game Based Learning, Minat Belajar, IPA