Abstak
Syifa Fauziah. NPM. 131104090774, Penerapan metode cooperative script
dalam meningkatkan menulis dan membaca Al-qur’an dengan tajwid yang
benar di kelas VII-1 SMP IT Al-Madinah. Program Studi Pendidikan Agama
Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2017.
Latar belakang permasalahan ini adalah Kurangnya kemampuan menulis dan
membaca Al-qur’an siswa dan metode mengajar yang monoton, Adapun faktor
faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kurangnya keseriusan siswa dalam
belajar, latar pendidikan siswa yang berbeda-beda, model pembelajaran yang
kurang bervariasi sehingga capaian hasil belajar siswa masih cukup kurang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis dan membaca
Al-qur’an dengan tajwid yang benar pada mata pelajaran Al-qur’an, penerapan
metode cooperative script pada pembelajaran Al-qur’an serta untuk mengetahui
peningkatan menulis dan membaca Al-qur’an siswa dengan tajwid yang benar
dengan menggunakan metode cooperative script pada mata pelajaran Al-qur’an di
kelas VII-1 SMP IT Al-Madinah. Penelitan ini merupakan penelitian tindakan
kelas yang dirancang dalam tiga siklus. Instrumen yang digunakan adalah
instrument pengamatan (observasi), tes dan dokumentasi. Metode pengumpulan
data menggunakan pengamatan (observasi), tes, dan dokumentasi. Teknik analisis
data berupa analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya.
Dari data tes dapat diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu skor
rata-rata dari 28 siswa pada siklus I adalah 72,60 % pada siklus II skor rata-rata
dari 28 siswa adalah 76,00?n siklus III adalah 80,60%. Dapat diketahui bahwa
terjadi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap siklusnya. Hasil
analisis data melalui pengamatan (observasi) juga menunjukkan adanya
peningkatan perilaku positif atau peningkatan keaktifan siswa pada saat proses
pembelajaran.
Kata Kunci : Metode cooperative script dan peningkatan menulis dan membaca.