Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul FAKTOR LINGKUNGAN SEKOLAH HUBUNGANNYA TERHADAP MOTIVASI SISWA MEMPELAJARI AL-QUR’AN DI SMP ARSYADA CITEUREUP KABUPATEN BOGOR
Tahun 2019
Tanggal Input 30 Jun 2025, 09.28



Abstak

Muhammad Afif Abdillah, NPM. 141104090978 “Faktor Lingkungan Sekolah
Hubungannya Terhadap Motivasi Siswa Mempelajari Al-Qur’an Di SMP
Arsyada Citeureup Kabupaten Bogor”, Bogor, Fakultas Agama Islam,
Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2019, Skripsi.
Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang sangat
berpengaruh dalam membentuk pola kepribadian anak. Eksistensi lingkungan
sekolah sangat besar peranan dan pengaruhnya terhadap perkembangan intelektual
dan kepribadian individu peserta didik, sebab keberadaan sekolah merupakan
laboratorium dan sumber makro yang penuh alternatif bagi memperkaya
pelaksanaan proses pendidikan. Untuk itu lingkungan sekolah memiliki peranan
dan tanggung jawab moral terhadap terlaksananya proses pendidikan. Ke semua
unsur yang ada di lingkungan sekolah harus senantiasa terpadu, bekerjasama dan
sekaligus menjadi alat kontrol bagi pelaksanaan pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor lingkungan sekolah
mempelajari Al-Qur’an hubungannya terhadap motivasi siswa mempelajari Al
Qur’an dan ingin mengetahui apakah terdapat hubungan antara faktor lingkungan
sekolah dan pengaruhnya terhadap motivasi siswa mempelajari Al-Qur’an di SMP
Arsyada Citeureup Kabupaten Bogor.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan penelitian
kuantitatif. Di dalam penelitian ini instrumen penelitian menggunakan kuesioner
dengan skala Likert. Sedangkan pendekatannya adalah studi kasus, studi kasus
adalah sebuah penelitian yang menggambarkan pengalaman kasus. Analisis data
yang digunakan adalah dengan uji validitas, realibilitas dan normalitas.
Berdasarkan penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh lingkungan
sekolah hubungannya terhadap motivasi siswa mempelajari Al-Qur’an di SMP
Arsyada. Didapat kesimpulan tabel interpretasi secara sederhana terhadap angka
indeks korelasi r product moment (rxy), angka 0,93 terletak pada indeks 0,93 – 1,00.
Df = N – nr = 56 - 2= 54. Oleh karena itu peneliti menggunakan df sebesar 54.
Dengan df sebesar 54 diperoleh r_tabel 0,3. Ternyata r_xy lebih besar daripada
r_tabelpada taraf signifikan, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis
alternatif (Ha) diterima. Maka, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang
sangat kuat atau sangat tinggi antara hubungan lingkungan sekolah (variabel x)
berhubungan sangat signifikan terhadap motivasi siswa mempelajari al-qur’an
(variabel y).
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Motivasi, Mempelajari Al-Qur’an