Abstak
ABSTRAK
Muhammad Akmal Rosyadi
201102020829
STRATEGI PELATIHAN PENDIDIKAN DASAR ULAMA
DI MAJELIS ULAMA INDONESIA
KOTA BOGOR
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pelatihan program
pendidikan dasar ulama di majelis ulama Indonesia Kota Bogor, berdasarkan unsur
unsur strategi yang terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni
dengan mereduksi data yang didapat, kemudian menyajikan data yang telah
direduksi, dan selanjutnya memberikan kesimpulan dari data yang telah disajikan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pelatihan pendidikan dasar ulama
dari mulai tahap perencanaan yang terdiri dari identifikasi masalah yang dilakukan
dengan musyawarah para pengurus majelis ulama Indonesia Kota Bogor, sekaligus
penetapan visi, misi dan tujuan, penetapan materi, pemilihan narasumber,
penyiapan sarana dan prasarana, proses rekruitmen calon peserta dan
pengelompokan peserta kemudian dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan yang
membahas bagaimana proses pembelajaran yang dilangsungkan serta metode
pembelajaran apa saja yang digunakan, kemudian di tahap terakhir yaitu evaluasi
dimana dibahas metode evaluasi apa saja yang digunakan untuk mengukur
pencapaian para peserta dari mulai pemahaman sampai dengan kemampuan praktek
di lapangan serta apa saja tahapan yang harus dilalui oleh para peserta dalam
mengikuti ujian. Pendidikan dasar ulama menerapkan metode evaluasi dengan ujian
tulis dan lisan sehingga tidak hanya kemampuan peserta dalam memilih jawaban
dalam ujian tulis saja yang teruji namun juga bagaimana mereka dapat menjelaskan
secara detail jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pada ujian lisan.
Kata Kunci: Pelatihan, Pendidikan Dasar Ulama, Strategi Pelatihan