Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi EKONOMI SYARIAH
Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DAN DAYA SAING DI ERA INDUSTRI 4.0 PADA MINIMARKET 212 MART SEMPLAK
Tahun 2019
Tanggal Input 28 Jun 2025, 09.00



Abstak

ABSTRACT
Analysis of Islamic Marketing Strategies in Increasing Sales and Competitiveness in the
Industrial Era 4.0 at Minimarket 212 Mart Semplak
Aldy Fadilah
The development of the minimarket retail business in Indonesia is quite significant. There are
thousands of outlets from various types of companies that exist. So 212 Mart needs to develop
a good marketing strategy to be able to increase sales and competitiveness especially in this
4.0 industry era. Therefore, this research aims to find out what Islamic marketing strategy is
applied by 212 Mart. Then an analysis of the strengths, weaknesses, opportunities and threats
are available to find a general picture of marketing strategies that can be done to increase
sales and competitiveness in the industrial era 4.0. This research belongs to the type of field
study research using qualitative methods, namely case studies of a phenomenon that occurs
so as to produce descriptive data as outlined in the form of words. The data collection
technique is by directly observing the object under study and interviewing the head or manager
of 212 Mart Semplak. Then, the data uses SWOT analysis techniques, IFAS and EFAS matrices
and cartesius diagrams. From this research it can be seen that 212 Marts have already
implemented a marketing strategy in accordance with Islamic sharia. In addition, 212 Mart
has fulfilled the paradigm in Islamic marketing, by winning mind share, market share and
heart share. Using the SWOT analysis, 212 Mart is in the right condition which is in quadrant
I in the Cartesian diagram, which supports the Growth strategy
Keywords : strategic, marketing, marketing mix, industry 4.0., SWOT, IFAS, EFAS
ix
ABSTRAK
Analisis Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Penjualan dan Daya Saing Di Era
Industri 4.0 Pada Minimarket 212 Mart Semplak
Oleh : Aldy Fadilah
Perkembangan bisnis ritel minimarket di Indonesia cukup signifikkan. Terdapat ribuan gerai
dari berbagai macam jenis perusahaan yang ada. Sehingga 212 Mart perlu menyusun sebuah
strategi pemasaran yang baik untuk dapat meningkatkan penjualan dan daya saing terutama
pada era industri 4.0 ini. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa
strategi pemasaran islami yang diterapkan oleh 212 Mart. Kemudian dilakukan analisa
terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada untuk mengetahui gambaran
secara umum strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan
daya saing di era industri 4.0. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian studi lapangan
menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus terhadap suatu fenomena yang terjadi
sehingga menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam bentuk kata-kata. Adapun
teknik pengambilan data yakni dengan melakukan observasi langsung terhadap objek yang
diteliti dan wawancara kepada ketua atau manager 212 Mart Semplak. Kemudian, data tersebut
menggunakan teknik analisa SWOT, matrik IFAS dan EFAS serta diagram cartesius. Dari
penelitian ini dapat diketahui, bahwa 212 Mart semplak sudah menerapkan strategi pemasaran
sesuai dengan syari’at Islam. Selain itu, 212 Mart telah memenuhi paradigma dalam
pemasaran Islami, dengan memenangkan mind share, market share dan heart share. Dengan
menggunakan analisis SWOT, 212 Mart sudah berada kondisi yang tepat yakni berada di
kuadran I dalam diagram cartesius, yang mana hal ini mendukung strategi Growth
(berkembang).
Kata kunci : strategi, pemasaran, bauran pemasaran, industri 4.0, SWOT, IFAS, EFAS


Preview