Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSN KOTA BOGOR
Tahun 2019
Tanggal Input 08 Jul 2025, 09.16



Abstak

Rahma Indrimalia
151104090154
Setiap perkembangan anak merupakan suatu proses yang kompleks, tidak dapat
terbentuk hanya dari dalam diri anak saja, tetapi juga lingkungan tempat tinggal
anak. Orang tua adalah pendidik yang utama yang memiliki pola pengasuhan yang
berbeda-beda. Pola asuh adalah serangkaian sikap yang ditunjukkan oleh orang tua
kepada anak untuk menciptakan iklim emosi yang melingkupi interaksi antara anak
dan orang tuanya. Pola asuh yang diberikan orang tua akan berpengaruh kepada
tahap perkembangan anak. Salah satu faktor yang biasanya terpengaruh adalah
sikap kepercayaan diri. Apabila anak memiliki rasa percaya diri yang tinggi,maka
anak akan mampu menjalani kehidupan dan mampu mengaktualisasikan potensi
maupun bakat dalam dirinya, namun sebaliknya apabila anak memiliki rasa percaya
diri yang rendah maka anak akan merasa banyak kesulitan dalam menjalani
kehidupannya di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitaif dan metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner,
observasi dan dokumentasi serta sampel penelitiannya berjumlah 50 peserta didik
kelas VIII MTsN kota Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
nilai signifikansi korelasi 0,533 yang berarti 0,533 > 0,2732 sehingga dapat
disimpulkan terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan
kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di MTsN kota Bogor dengan taraf
interpretasi data yang termasuk sedang yaitu antara taraf 0,40-0,70.
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Percaya Diri.


Preview