Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU AGAMA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XI SMAN 5 KOTA BOGOR
Tahun
Tanggal Input 06 Aug 2025, 09.41



Abstak

Muhammad Reyhan Kautsar 201105010651, “Pengaruh Kompetensi
Kepribadian guru Agama Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PAI
Siswa Kelas XI SMAN 5 Kota Bogor”. Pendidikan Agama Islam. Universitas Ibn
Khaldun Bogor. 2024. Skripsi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa
setelah mengikuti kegiatan pembelajaran hasil belajar siswa di kelas XI pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 5 Kota Bogor. Untuk meningkatkan hasil
belajar yang baik diperlukan adanya seorang guru yang selalu memberikan motivasi
dan memberikan wawasan dengan kompetensi kepribadian yang dimiliki guru, maka
guru akan menjadi sosok yang digugu dan ditiru oleh siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru, hasil belajar PAI, dan pengaruh
kompetensi kepribadian guru agama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI
siswa kelas XI SMAN 5 Kota Bogor.Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas XI di
SMAN 5 Kota Bogor dengan populasi dan sampel yang sama yaitu 31 peserta didik.
Penelitan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert
dan interval. Teknik analisa menggunakan korelasi product moment pada taraf
signifikan sebesar 5 %. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi,
angket/ kuesioner, dan observasi.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Kompetensi kepribadian guru di SMAN 5 Kota Bogor menunjukkan hasil dengan
kategori “baik”, 2) Hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMAN 5 Kota Bogor
menunjukkan hasil dengan kategori “baik”, 3) terdapat pengaruh kompetensi
kepribadian guru terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN
5 Kota Bogor dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,629. Hal ini dibuktikan dengan
uji korelasi dengan nilai t hitung > t tabel (4,360> 2,040) dan signifikansinya lebih
kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil pergitungan koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0,375. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi kepribadian guru
terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMAN 5 Kota Bogor
adalah sebesar 37,5 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Kompetensi Kepribadian Guru, Hasil Belajar PAI