Abstak
Penelitian ini dilaterbelakangi oleh perkembangan zaman yang menjadi problematika dan
tantangan bagi pendidikan Islam. Selain itu juga persoalan dari setiap manusia dalam
memahami sesuatu selalu didasari oleh yang namanya worldview atau cara pandang. Cara
pandang inilah yang akan membentuk framework atau kerangka berpikir seseorang, jika
kerangka berpikirnya dibentuk dengan cara pandang Islam, maka ia akan mudah dalam
menyelesaikan persoalan yang setiap saat dihidangkan oleh kehidupan dunia. Namun jika
sebaliknya, cara pandang seseorang diisi dengan isme selain Islam maka rumus-rumus yang
disusun untuk menjawab persoalan dunia akan semrawut dan tak akan menemui hasil final,
sehingga manusia akan semakin jauh dengan kebenaran.. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan memahami kajian dan analisa dari Konsep Pendidikan Islam Perspektif
Adian Husaini serta untuk menganalisa keefektifan Konsep Pendidikan Islam Perspektif
Adian Husaini jika diimplementasikan pada Pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Kepustakaan (library research. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Konsep Pendidikan Islam menurut perspektif Adian Husaini
adalah konsep pendidikan berbasis adab (ta’dib). Dengan tujuan pendidikan untuk
melahirkan manusia yang beradab (insan adabi) dan manusia yang baik (good man). Untuk
mencapai tujuan pendidikan yang ideal atau beradab tersebut, maka diperlukan kurikulum
yang dirumuskan atas dasar konsep ilmu dalam Islam secara benar. Kurikulum itu
menempatkan atau memposisikan adab sebagai basis dari pendidikan, dilanjutkan dengan
penekanan dan pada penguasaan ilmu fardhu-fardhu ‘ain dan ilmu-ilmu fardhu kifayah
secara proporsional.
Kata Kunci : konsep pendidikan islam, Adian Husaini