Abstak
Fachmi Sumarno
141104090997
Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai
nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Pendidikan merupakan upaya yang sangat luhur dalam meningkatkan kualitas manusia, sehingga segala usaha yang mengarah pasa keberhasilan pendidikan merupakan sebuah keharusan. Pendidikan yang bermutu adalah ketika peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan dalam dirinya, masyarakat, bangsa dan negara yang dilakukan secara sadar dan terencana. Selain itu pengaruh bagi bermutunya pendidikan ialah apabila seorang guru memiliki kompetensi. Kompetensi yang dimiliki oleh setiap guru akan menunjukkan kualitas guru yang sebenarnya. Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi sebagai guru.
Selain itu dalam mengimplementasikan kompetensi tersebut, seorang guru sudah tentu
terorginir oleh apa yang namannya beban mengajar, oleh karenanya dibutuhkan kedisiplinan dan ketetapatan, dalam menyesuaikan beban mengajar bagi guru pendidikan agama islam.
Sehingga dapat mendukung dalam mewujudkan tujuan pendidikan itu sendiri yaitu menjadikan peserta didik sebagai insan yang berkarakter dan berakhlak mulia.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengungkap keteladanan, kedisiplinan, tanggung
jawab guru bidang studi agama Islam di SMPN tingkat Kecamatan Cileungsi yaitu di SMPN
04 Cileungsi, (2) Menemukan pengaruh komponen kepribadian dan keprofesionalan guru
bidang studi agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di SMPN 04 Cileungsi, (3) Mengetahui korelasi kompetensi dan beban mengajar guru PAI terhadap karakter siswa di SMPN 04 Cileungsi. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.
Kemudian teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment serta menguji hipotesis dan sampel menggunakan uji t (menguji pengaruh masing-masing variable). Setelah penulis melakukan pengolahan data, akhirnya penulis mendapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara kompetensi terhadap karakter peserta didik kelas VIII di SMPN 04 Cileungsi. Dengan nilai korelasi product moment sebesar 0,538 berada dalam skala yang sedang dan nilai thitung sebesar 4,126 > ttabel 1,663. Dan pengaruh beban mengajar terhadap karakter peserta didik dengan melihat kuantitas dan kualitas kinerja dari guru PAI yang terbukti dengan kevalidan dari perhitungan instrumen dari karakter siswa dengan menghitung banyaknya hasil positif yang didapatkan dari penyebaran angket oleh penulis.
Maka dari itu dapat disimpulkan kembali bahwa terjadi korelasi kompetensi dan beban
mengajar guru PAI terhadap karakter siswa di SMPN 04 Cileungsi.
Kata Kunci : Kompetensi, Beban Mengajar, dan Karakter Peserta Didik