Abstak
Pengaruh Pembelajaran Ta’lim Muta’alim Terhadap Etika Belajar Santri Di
Pondok Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor
Siti Nurmaya 191105010313
Ta’lim Muta’alim merupakan kitab karangan syekh az-zarnuji yang biasa dipelajari
di setiap lembaga pendidikan pesantren tradisional maupun modern. Pembelajaran
Ta’lim Muta’alim adalah salah satu kitab yang biasa dipelajari dipondok pesantren
yang membahas mengenai berbagai metode, etika, adab-adab dalam belajar, cara
menghormati seorang guru, menghormati ilmu dan lainnya. Muta’alim Penelitian
ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Ta’lim
Muta’alim Terhadap Etika Belajar Santri di Pondok Pesantren Daarul Muhajirin
kota Bogor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan teknik analisi regresi linier sederhana menggunakan IBM SPSS
27. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh santri kelas ibtida 2 di Pondok
Pesantren Daarul Muhajirin Kota Bogor sebanyak 80 santri, sehingga akan
diperoleh adakah pengaruh antara variabel bebas (Pembelajaran Ta’lim Muta’alim)
dengan variabel terikat (etika belajar santri). Selain itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana peran pembelajaran Ta’lim Muta’alim ini
berpengaruh terhadap etika belajar santri dalam kehidupan sehari-hari. Instrument
penelitian yang digunakan berupa angket atau kuesioner. Data diuji dengan melihat
normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil analisis data dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi antra pembelajaran
ta’lim muta’alim terhadap etika belajar santri . Hal tersebut dapat dilihat dari thitung
3,547 > ttabel 1,990 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 Yang artinya dapat
dikatakan variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dengan demikian hipotesis
dinyatakan diterima. Hasil koefisien determinasi R squer 0,139 yang menunjukkan
bahwa pembelajaran ta’lim muta’alim berpengaruh terhadap etika belajar santri
sebesar 13,9% sedangkan sisanya 86,1% dipengaruhi faktor lain selain
pembelajaran ta’lim muta’alim.
Kata Kunci : Pembelajaran Ta’lim Muta’alim, Etika Belajar Santri