Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS III MI RAUSLATUSSHIBYAN TANAH SAREAL KOTA BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 02 Jun 2025, 14.19



Abstak

ABSTRAK
Tasya Nuraulia 201105050239. Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis
Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas III MI
Raudlatusshibyan Tanah Sareal Kota Bogor
Pada abad 21 ini, Indonesia menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
sangat pesat. Dalam menghadapi perkembangan tersebut, salah satu kemampuan yang
diperlukan adalah kemampuan komunikasi. Dalam hal ini peran guru tidak hanya pemberi
informasi tetapi juga sebagai pendorong siswa agar dapat membangun sendiri pengetahuannya
melalui berbagai aktivitas termasuk dengan cara berkomunikasi. Tujuan Penelitian ini adalah
untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Jigsaw Berbasis Problem
Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas III MI Raudlatusshibyan Tanah Sareal
Kota Bogor. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian uji normalitas menggunakan One-Sample
Kolmogorov-Smirnov Test dapat diketahui bahwa nilai signifikansi (Asymp Sig 2-tailed) untuk
variabel persepsi siswa adalah 0,200 0,05 selanjutnya dari hasil uji hipotesis regresi linear
sederhana menggunakan (anova) diketahui bahwa nilai f hitung 14.894 dengan tingkat
signifikansi sebesar 0.001 0.05, maka model regresi dapat dipakai, dengan kata lain ada
pengaruh antara variabel X dan variabel Y, sehingga data angket tentang pengaruh metode
pembelajaran jigsaw berbasis problem solving terhadap kemampuan komunikasi siswa
berdistribusi normal.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Jigsaw, Problem Solving, Kemampuan
Komunikasi


ABSTRACT
Tasya Nuraulia 201105050239. The Influence of Problem Solving-Based Jigsaw
Learning Methods on the Communication Skills of Grade III Students of MI
Raudlatusshibyan Tanah Sareal, Bogor City
In the 21st century, Indonesia is facing a very rapid development of science and technology. In
the face of these developments, one of the skills needed is communication skills. In this case,
the role of teachers is not only to provide information but also as a driver for students to be
able to build their own knowledge through various activities, including by communicating. The
purpose of this study is to find out whether there is an Effect of Problem Solving-Based Jigsaw
Learning Method on the Communication Ability of Grade III Students of MI Raudlatusshibyan
Tanah Sareal, Bogor City. This can be seen from the results of the normality test using the One-
Sample Kolmogorov-Smirnov Test, it can be seen that the significance value (Asymp Sig 2-
tailed) for the student perception variable is 0.200 0.05 then from the results of the simple
linear regression hypothesis test using (anova) it is known that the f value is calculated 14,894
with a significance level of 0.001 0.05.
Keywords: Jigsaw Learning Method, Problem Solving, Communication Skills