Abstak
Ahmad Yatalattov
10215410885
Seiring dengan adanya pasar bebas, semakin meningkatkan persaingan di
dunia perekonomian, salah satunya di bidang perdagangan. Para pengusaha
berusaha semaksimal mungkin untuk menjual produk – produknya agar dapat
diterima oleh masyarakat, dengan cara menawarkannya baik itu dalam bentuk
promosi langsung memasang iklan di media elektronik dan media cetak disertai
gambar – gambar yang menarik dan mudah diingat. Hal ini juga banyak kita
jumpai di fasilitas – fasilitas umum, salah satunya di jalan – jalan atau yang sering
disebut reklame. Para pengusaha melihat fasilitas umum ini cukup efektif untuk
menawarkan produk – produknya, karena dapat dilihat dan dibaca oleh
masyarakat. Pemakai fasilitas umum tersebut secara sengaja atau tidak sengaja
akan melihat dan membaca reklame produk tersebut. Reklame ini dapat berupa
baliho, neon box maupun spanduk kain yang dipasang di tempat – tempat strategis
di sepanjang jalan. Pada kenyataannya, masih banyak pemasangan serta penempatan reklame yang kurang sesuai dengan regulasi dalam hal ini peraturan pemerintah daerah.
Posisi pemasangan reklame terkadang mengganggu ketertiban dan menimbulkan
ketidaknyamanan pengguna jalan di Kota Bogor. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian mencoba untuk menganalisa dan mengembangkan sistem informasi sebaran reklame berbasis WebGIS sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah Kota Bogor melalui SK WALKOT Nomor 650.45-234 Tahun 2016.
Kata Kunci : Sistem Informasi Spasial, Reklame, Kota Bogor