Abstak
Syarifah
141104090333
Prestasi belajar adalah suatu hasil yang dicapai oleh siswa selama
berlangsungnya proses pembelajaran. Diantara faktor yang mempenagruhi
kemajuan prestasi belajar siswa diantaranya adalah Integensi, Motivasi, Sikap,
Minat, Bakat dan Pola Asuh. Pola asuh sangat mempengaruhi kemajuan prestasi
belajar baik pola asuh orang tua maupun guru. Pondok pesantren adalah lembaga
pendidikan islami yang sangat lekat hubungannya dengan kedisiplinan yang
sangat tinggi.
Dalam penelitian ini rumusan tujuan penelitian masalah adalah beberapa
jenis pola asuh pembina kamar, faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh,
kendala yang dihadapi dalam pembinanaan dan adakah hubungan antara pola asuh
pembina kamar dengan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Riyadlul
Jannah.
Secara sederhana penelitian kuantitatif didasari oleh filsafat positifisme yang
menekankan fenomena-fenomena objektif dan dikaji secara kuantitatif.
Maksimalisasi objektifitias desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
angka-angka, pengolahan statistik, struktur dan percobaan terkontrol. Metode ini
disebut metode kuantitatif data penelitian berupa angka-angka dan analisis
menggunakan statistik.
Analisis data yang bertujuan untuk mengetahui keberadaan dan hubungan
data yaitu dengan cara mengkorelasikan dua jenis skor yaitu skor variabel X dan
variabel Y. Rumus untuk mencari pengaruh kedua skor variabel tersebut adalah
koefesien korelasi Product moment.
Selanjutnya berkonsultasi dengan tabel dengan tabel r atau product moment
terlebih dahulu kita mencari df na dengan cara, variabel yang dikorelasikan ada
dua yaitu variabel x dan y. sedangkan n atau subjek penelitian ada 30 maka df nya
adalah 30 – 2 = 28. Kemudian kita melihat pada tabel “r” product moment
ternyata bahwa dengan df sebesar 30 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,361 dan
pada taraf signifikan 1% sebesar 0,463. maka pada taraf signifikansi Hipotesis
ditolak.
Kata kunci: pola asuh, prestasi belajar