Abstak
Sulistiya
191102031336
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Dapat mengetahui prosedur pengembangan Video Animasi pada mata pelajaran Matematika di kelas 1 SD, (2) Dapat mengetahui kelayakan media Video Animasipada mata pelajaran Matematika di kelas 1 SD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan instruksional ini terdiri atas 4 tahap yaitu: Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), dan Dissemination (Penyebarluasan). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 di SDIT Khoiru Ummah. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan dari uji validasi Ahli Materi terhadap Video Animasi pada mata pelajaran Matematika mendapatkan nilai 91,67% (Sangat Layak). Kemudian Validasi Ahli Media mendapatkan nilai sebesar 88,33% (Sangat Layak) untuk digunakan peserta didik kelas 1 SDIT Khoiru Ummah. Selanjutnya hasil penelitian uji coba perorangan (One-to-one) mendapatkan nilai 86,67?n uji coba kelompok kecil (Small Group) mendapatkan nilai 97% keduanya masuk kedalam kategori “Sangat Layak”.
Kata Kunci : Four-D, Matematika, Pengembangan Media, Research & Development, Video Animasi