Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERANGURUNGAJI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI TPA AL IKHLAS CITRA UTAMA GUNUNG PUTRI BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 11.09



Abstak

Rafiq Rizqi Utomo 171104090159, “Peran Guru Ngaji Dalam Meningkatkan
Kualitas Baca Al-Qur’an Pada Anak di TPQ Al-Ikhlas Citra Utama Gunung Putri
Bogor”.Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun
Bogor. 2023. Skripsi
Penting bagi umat Islam untuk memiliki kemampuan membaca dan memahami kitab
suci Al-Qur'an Sejak dini, pendidikan Al-Qur''an menjadi bagian kebutuhan pada anak masa
kini. Masih banyak anak muda saat ini yang tidak peduli terhadap pembelajaran Al-Qur'an
karena kurangnya pendidikan Al-Qur'an sejak dini, hal ini dikarenakan ketidaktahuan,
kurangnya kemampuan murid membaca Al-Qur'an dapat dilihat dari murid yang tidak
bersemangat dalam belajarnya ,seperti malas-malasan, sering ngobrol dengan teman, perhatian
tidak fokus pada saat membaca Al-Qur'an, kurang latihan dalam membaca Al-Quran, dan
mengabaikan pengawasan dari orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, berlandaskan pada pembahasan hasil
penelitian kepustakaan melalui sumber, artikel ilmiah dari sumber jurnal dan hasil penelitian
ilmiah. Teknik prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Dalam pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan
metode triangulasi. Penelitian ini dilaksanakan di TPA Al-Ikhlas Citra Utama Di Gunung Putri
RT 02 RW 04 Desa Gunung Puti Kota Bogor. Peran guru ngaji sudah menjadi keharusan dalam
bagaimana murid dapat membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, namun hal itu tidak mudah
bagi seorang guru ngaji karena setiap kemampuan murid berbeda-beda. Dalam upaya
meningkatkan kualitas membaca Al-Qur'an, guru-guru mempersiapkan kegiatan dalam proses
pembelajaran sebagai berikut : Metode talaqqi dan tilawati adalah metode pembelajaran kitab
secara individual dimana setiap santri menghadap secara bergiliran untuk membaca. Guru ngaji
telah melakukan banyak hal dalam proses pembelajaran seperti penerapan metode talaqqi dan
tilawati, dalam memberikan motivasi agar murid terus semangat dalam belajar AlQur'an dalam
mengembangkan kemampuan dasar membaca Al-Qur'annya. Proses pelaksanaan metode
talaqqi dan tilawati untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di TPA Al-Ikhlas
sudah sesuai pada umumnya, Melalui metode tilawati guru jadi lebih mengetahui karakter dan
sejauh mana kemampuan murid tersebut.
Kata kunci: Membaca Al-Qur’an, Memberi Semangat Anak, Metode