Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi EKONOMI SYARIAH
Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS (RAHN) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN BANK (Studi Kasus Pada BPRS Amanah Ummah)
Tahun 2017
Tanggal Input 21 Aug 2025, 09.42



Abstak

ABSTRAK

Gadai Syariah ini merupakan kegiatan ekonomi yang sangat ertat kaitannya dengan proses pemenuhan kebutuhan masyrakat muslim, terutama masyarakat muslim yang keadaan ekonominya tidak stabil. Jadi dapat dikatakan bahwa konsep gadai syariah merupakan solusi terhadap kebutuhan masyarakat muslim masalah finansial, disaamping itu juga terhindar dari unsur riba. Peranan perbankan syariah dalam perekonomian relatif masih sangat kecil, ada beberapa kendala dalam target pemasaran. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, maka diperlukan strategi usaha yang fokus dengan suatu sistem tertentu sebagai daya saing serta memperkuat basis sistem oprasional uantuk memperluas sistem distribusi penyaluran pembiayaan.

Berbagai upaya dilakukan BPRS Amanah Ummah pada bulan September tahun 2007 mengeluarkan produk Gadai Emas, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyrakata serta meningkatkan kinerja bank itu snediri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dengan persyaratan yang sangat mudah dan proses yang cepat bisa menghasilkan pinjaman.

Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana BPRS Amanah Ummah melakukan strategi pemasaran produk gadai emas. Penelitian ini menggunakan data primer denga teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke BPRS Amanah Ummah dan melakukan wawancara secara sistematis untuk mendapatkan data dan informasi, serta melakukan study penelitian yang dibahas.

Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran produk gadai emas BPRS Amanah Ummah cukup baik, dilihat dari pendapatan dan perkembangan nasabah yang meningkat serta pelayanan yang sangat mudah dan cepat sehingga mempengaruhi pendapatan bank.