Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT MUHAMMAD ABDUH DAN ABUDDIN NATA
Tahun 2019
Tanggal Input 07 Jul 2025, 15.27



Abstak

Soni Eranata
151104090203
Pendidikan Islam pada dasarnya merupakan upaya pembinaan dan
pengembangan potensi manusia, agar tujuan kehadirannya di dunia ini sebagai
hamba Allah dan sekaligus tugas khalifah Allah tercapai sebaik mungkin.
Diantara dua tokoh nasional dan internasional yang akan menjadi fokus bahasan
penulis dalam skripsi ini adalah tokoh pendidikan dan pemikir Islam Muhammad
Abduh dan Abuddin Nata yang mana kedua tokoh ini telah banyak menelurkan
konsep-konsep serta pemikiran-pemikiran mengenai bagaimana memajukan dan
mensukseskan pendidikan Islam secara kompherensip terkhusus dalam dunia
pendidikan Islam, oleh karenanya penting sekali bagi penulis menelaah dan
menganalisis pemikiran serta konsep pendidikan kedua tokoh tersebut.
Pada dasarnya konsep pendidikan Islam mencakup seluruh tujuan
pendidikan yang dewasa ini diserukan oleh barat bahkan diserukan oleh negara
negara di dunia. Lebih dari itu, pendidikan Islam adalah satu-satunya konsep
pendidikan yang menjadikan makna dan tujuan pendidikan lebih tinggi sehingga
mengarahkan manusia kepada visi ideal dan menjauhkan manusia dari
ketergelinciran dan penyimpangan Metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research atau studi pustaka melalui jenis penelitian ini penulis memperoleh berbagai macam bahan dan sumber penelitian yang penulis butuhkan secara objektif.
Hasil penelitian yang penulis dapatkan setelah melakukan pendalaman dan
analisa dari berbagai sumber rujukan, penulis dapat menyimpulkan berdasarkan
rumusan masalah yang dipaparkan penulis, bahwa dari hasil komparasi konsep
pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh dan Abuddin Nata terdapat
beberapa persamaan dan perbedaan yang saling melengkapi satu dengan yang
yang lainnya. Secara garis besar persamaan konsep pendidikannya terdapat pada
modernisasi sistem dan kurikulum pendidikan Islam dan perbedaanya hanya
berkisar pada tujuan pendidikan yang dipengaruhi oleh tuntutan dan perubahan zaman.
Kata Kunci : Konsep, Pendidikan, Muhammad Abduh, Abuddin Nata


Preview