Abstak
Ayu Sartika
181105010301
Peran guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi siswa dalam
berperilaku keagamaaan. Karena siswa merupakan individu yang terus mengalami
perubahan dan perkembangan, guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai teladan
bagi siswanya dengan pengetahuan dan bimbingannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kesadaran beragama siswa, dan untuk mengetahui peran guru Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beragama siswa di SMP Bosowa Bina Insani
di masa covid-19. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mendapatkan data, teknik yang
dipakai dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara.Teknik keabsahan yang
dipakai yaitu triangulasi sumber. Data yang sudah terkumpul dianalisis melalui tiga cara,
yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kesadaran beragama siswa dapat dikatakan baik. Terbukti dengan
peran dan program yang diadakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dapat dipahami dan
diterapkan dengan baik. Sehingga muncul peningkatan kesadaran dalam beragama. Guru
Pendidikan Agama Islam sudah melaksanakan peranannya dengan baik dalam
meningkatkan kesadaran beragama siswa di SMP Bosowa Bina insani di masa
covid-19. Diantaranya guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pembimbing,
guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pengajar dan pendidik, guru
Pendidikan Agama Islam berperan sebagai motivator, guru Pendidikan Agama Islam
berperan sebagai teladan dan guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai
fasiliator dan sumber belajar.
Kata Kunci: Kesadaran Beragama, Peran Guru, Pendidikan Agama Islam.