Abstak
Alam Saputra (201105010091). “ Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap
Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Islam Di Kelas V Sdip
Ar-Rasheed Citeureup”
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik Ice Breaking terhadap
minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SDIP
Ar-Rasheed Citeureup. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif
dengan desain eksperimen kuasi. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu
kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan Ice Breaking dan kelompok
kontrol tanpa perlakuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pre-test dan post
test serta angket minat belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelompok
eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Rata-rata skor pre-test
kelompok eksperimen adalah 65,87, sedangkan post-test meningkat menjadi 87,67.
Hal ini berbeda dengan kelompok kontrol yang hanya mengalami peningkatan dari
64,07 pada pre-test menjadi 85,67 pada post-test. Uji t-test menunjukkan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya pengaruh
signifikan penggunaan teknik Ice Breaking terhadap peningkatan minat belajar
siswa.
Selain itu, hasil analisis data kuesioner juga mendukung temuan ini, dengan
mayoritas siswa menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa penggunaan Ice
Breaking meningkatkan keaktifan, fokus, dan minat mereka dalam mengikuti
pelajaran. Teknik Ice Breaking terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar
yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga meningkatkan partisipasi dan
motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan teknik Ice Breaking dapat menjadi alternatif metode
pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa, khususnya
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di tingkat sekolah dasar.
Kata kunci: Ice Breaking, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam